Minggu, Januari 01, 2017

7 Macam Pasta Favorit

loading...


Kali ini Pemuda Banet Bakalan Nge Bahas Seputar Mie Miean alias Pasta yap 7 Macam Pasta Favorit, Karena Pasta Bukan Hanya Spaghetti Pasta adalah makanan olahan khas Italia. Namanya juga berasal dari bahasa Italia pasta alimentare yang berarti adonan bahan makanan. Dalam arti luas, pasta bisa berarti semua adonan seperti adonan roti, pastry, atau cake. Dalam bahasa Italia, pasta yang khusus sebagai pasta disebut pastasciutta.Pasta biasanya dibuat dari adonan tepung gandum semolina, air, telur dan garam. Tepung semolina ini merupakan hasil olahan biji gandum durum dengan granulasi yang lebih kasar atau mengandung gluten (protein elastis) dalam kadar yang lebih tinggi.

Sebelum memahami aneka jenis pasta yang wajib diketahui, perlu diketahui dulu bahwa pasta terdiri dari berbagai bentuk dan ukuran. Di Italia terdapat lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahun tercipta bentuk yang baru. Penamaan biasanya diambil berdasarkan bentuk pasta dalam bahasa Italia. Pasta berbentuk pendek-pendek seperti pena disebut penne, sedangkan pasta berbentuk kupu-kupu disebut farfalle.

Agar tak salah pilih dan bingung saat pergi ke restoran yang sedikit mahal, ada baiknya anda menyimak 10 jenis pasta favorit yang biasa ada di restoran. Berikut 7 Macam Pasta Favorit


1. Spaghetti


Jenis pasta yang ini adalah yang paling dikenal oleh banyak orang Ineonesia. Spaghetti adalah mie Italia yang berbentuk panjang seperti lidi. Umumnya di masak 9-12 menit di dalam air mendidih al dente yang artinya tidak lengket di gigi, tidak terlalu mentah, ataupun terlalu matang. Cara memakannya bervariasi tetapi yang sangat terkenal adalah spageti ala bolognese yaitu dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju parmesan parut.

Hampir setiap orang mengira bahwa spaghetti adalah mi yang dibawa pulang oleh Marco Polo dari perjalanannya ke Tiongkok. Tetapi setelah diselidiki, sejak zaman dahulu Bangsa Romawi yang menang dari medan perang selalu menyantap spageti. Spagheti merupakan salah satu jenis pasta tertua yang telah dikenal oleh bangsa Italia sejak zaman manusia bercocok tanam, kira-kira 10.000 tahun yang lalu. Tepung diolah dengan sedikit air dan telur menjadi sebuah adonan yang disebut pasta. Lalu digiling tipis menjadi lembaran, yang merupakan induk pasta yang kita kenal sebagai Lasagna. Kemudian baru berkembang jenis-jenis pasta lainnya seperti fusili, penne, tagliatelle dan lain sebagainya.

2. Elbow Macaroni


Makaroni adalah pasta kering yang dibuat dengan gandum durum. Makaroni bisa berbentuk lurus atau melengkung, dan sering disebut dengan siku macaroni. Siku makaroni lebih umum di Amerika Serikat dan Kanada, sementara makaroni Inggris cenderung lurus. Makaroni yang berbentuk huruf inilah “C” yang disebut dengan elbow makaroni.

3. Fettucine


Fettuccine yang dalam bahasa Italia berarti "pita kecil" adalah jenis pasta yang populer di masakan Romawi. Fettucine juga memiliki bentuk yang sama seperti kwetiau. Ukuran Fettucine lebih besar daripada Linguine. Fettucine berukuran tebal datar yang terbuat dari telur dan tepung. Fettuccine secara tradisional dibuat segar, tetapi fettuccine kering juga bisa dibeli di toko-toko.

4. Lasagna


Lasagna atau lasagne adalah pasta yang dipanggang di oven dan merupakan makanan tradisional Italia, Berbentuk lembaran tipis dengan panjang sekitar 27 cm dan lebar 5 cm yang diberi isi dan disusun sampai 7 lapis. Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging. Selain daging bisa juga diisi sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya.

Kulit lasagna dibuat dari adonan tepung terigu yang setelah diberikan isian, dipanggang sampai matang. Lasagna dapat dijumpai dalam tiga warna, yaitu kuning untuk hidangan panggang, merah untuk hidangan dengan saus tomat, dan hijau yang cocok dipadukan dengan aneka sayuran.

5. Fusilli


Fusilli merupakan salah satu pasta yang bentuknya spiral. Fusilli biasanya diolah dengan saus krim dan kacang polong. Fusilli sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, daging sapi, sayur-sayuran, dan sebagainya.

Fusilli biasanya terbuat dari tepung terigu. Namun warna lainnya juga dapat dibuat dengan mencampurkan bahan lain dalam adonan, yang juga mempengaruhi rasa, misalnya, beetroot untuk merah, bayam untuk hijau, dan tinta ikan sotong untuk hitam. Fusilli sering keliru diartikan dengan pasta pendek, tipis, dan memutar yang dikenal sebagai rotini.

6. Angel Hair


Angel hair memiliki bentuknya yang panjang, dan tipis. Hampir menyerupai spaghetti tapi ia jauh lebih tipis. Sesuai dengan namanya, ketipisannya menyerupai ramput. Angel hair biasanya dimasak dengan sayur-sayuran, saus tradisional ala Italia dan campuran daging. Kebanyakan orang-orang lebih menyukai angel hair ini dibandingkan spaghetti.

7. Linguini


Linguine adalah bentuk pasta yang ukurannya lebih besar dari spageti dan pipih seperti kwetiau, tapi lebih kecil dari fettuccine. Di Italia, nama linguine berarti "lidah kecil". Linguine juga memiliki nama lain yang disebut trenette atau bavette. Linguine berasal dari Genoa dan Liguria wilayah Italia. Biasanya Linguine disajikan dengan aneka seafood atau pesto.

Demikian Artikel Mengenai 7 Macam Pasta Favorite. Jadi mana yang jadi favorit kalian?Atau ada yang masih ingin anda coba? Sayangnya pasta anak kos alias Mie Instan masih belum ada di list ini hehe


HAPPY NEW YEAR 2017


EmoticonEmoticon